Wednesday, January 27, 2010

Happy birthday my Idecapung Blog

Happy birthday my Blog. Sudah hampir dua tahun blog saya berlalu-lalang. Tepatnya semenjak postingan pertama pada 27 Januari 2008. Dua tahun memang bukan waktu yang singkat. Selama itu telah tercipta 154 tulisan yang telah mejeng di blog Idecapung. Artinya jika dirata-ratakan setiap bulan ada 6 judul postingan yang diterbitkan.


Pada awalnya blog Idecapung memuat ragam tulisan dengan berbagai topik. Meskipun topik intinya tetap membahas bidang teknologi komputer.

Bagaimana perkembangan Blog Idecapung?
Tertatih-tatih, itu kalau dilihat dari kondisi yang ada. Di awal ngeblog saya masih dikatakan rajin kunjungan ke Blog teman-teman, bertukar link, atau sekedar absen dengan menuliskan pesan "Blog Walking". Lebih tepatnya 6 bulan pertama, selanjutnya saya mulai malas berkunjung dan hanya mengandalkan mesin pencari sebagai laba-laba penjaring pengunjung yang datang.

Jika dilihat dari statistik pengunjung, blog Idecapung selama 6 bulan terakhir mengalami perkembangan yang signifikan. Untuk kondisi saat ini, kunjungan perhari mencapai 200 pengunjung dan 600 pageview. 1 berbanding 3 menunjukkan konten Blog Idecapung cukup menarik, jadi pengunjung yang datang rata-rata melihat 3 postingan yang ada.
Berikut beberapa screen shoot statistik Blog Idecapung yang saya ambil hari ini:

1. Statistik pengunjung perhari


2. Perkembangan Blog dalam satu tahun terakhir



3. SEO Statistik



4. Kunjungan realtime


5. Prediksi pengunjung ke depan


6. Alexa Statistik

7. Google Search



Terdapat penurunan index halaman di mesin pencari, begitu juga dengan backlink. Hal ini mungkin saja terjadi karena saya memang jarang bertukar link.

Apa rencana dan target kedepan?
Belum ada, saat ini hanya rutin mengupdate postingan itu saja. Beberapa teknik SEO yang telah saya pelajari juga belum saya terapkan. Begitu juga rancana membuat blog baru, nanti sajalah. Secara satu blog aja belum sukses menembus jajaran blog kelas Indonesia.

Terakhir saya ucapkan lagi sendiri, "Happy Birthday my Blog"...semoga tetap menjadi inspirasi untuk pembacanya.

No comments:

Post a Comment